Home > BAI - FULDFK > (usulan) BAB Manajemen Dakwah Profesi – Bagian 2

(usulan) BAB Manajemen Dakwah Profesi – Bagian 2

Program RMDN FULDFK Indonesia
Oleh: Yanuar Ariefudin
Dept. Pengembangan dan Kaderisasi FULDFK Indonesia

Arahan Manajemen Dakwah Profesi

Seorang dokter sudah selayaknya memiliki kepribadian yang khas. Kepribadian Islami yang terpancar dari akidah Islam. Kepribadian inilah yang nantinya akan membentuk pola sikap Islami (nafsiyah Islamiyah). Dengan bekal aqidah Islamiyah maka seorang dokter muslim harus memiliki fokus perjuangan hanya untuk Allah. Tiada terlewat sehembus nafas pun yang keluar kecuali untuk berjuang lillaah. Sesungguhnya kesehatan adalah nikmat tertinggi setelah nikmat Iman. Maka seorang dokter harus cerdas mengambil peran ini. Peran menyelamatkan jiwa manusia dan menyelamatkan aqidah pasien. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya manusia tidak diberikan sesuatu yang terbaik sesudah keyakinan (iman) kecuali kesehatan.” (Musnad Ahmad, Juz 1, Hal. 37).

Peran dokter sangat berperan dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan sehat. Maka sudah seharusnya dokter memiliki 2 tugas utama, yaitu selamatkan aqidahnya dan selamatkan jiwanya.

1. Selamatkan Aqidahnya

Menjadi tugas utama bagi setiap muslim dan pengemban dakwah (hamlud dakwah) untuk menjaga aqidah umat Islam dari kerusakan dan kecacatan yang akan membatalkan tauhidnya. Merupakan tugas bersama untuk menghadapi cobaan besar ketika umat agama lain memiliki metode dakwah profesi di bidang kesehatan. Mereka memaknai mukjizat nabi Isa as. dengan mendirikan balai-balai kesehatan dan mengadakan pengobatan-pengobatan gratis yang visi utamanya yaitu mengajak umat Islam untuk beriman kepada tuhan-tuhan mereka. Pada dasarnya segmen kesehatan merupakan bidikan utama mereka untuk menarik umat Islam masuk kepada agama mereka. Oleh karenanya seorang dokter muslim harus menyadari akan fakta ini dan mewaspadainya. Sebagai seorang dokter muslim yang juga pengemban dakwah, maka sudah seharusya mengajak pasien untuk selalu bersabar akan cobaan yang dideritanya. Mengajak kepada ketaatan dan tidak mengobati pasien atas dasar kemanusiaan, tetapi mengobati pasien atas dasar perintah Allah dan Rasul-Nya. Parameter inilah yang bisa mengklasifikasikan dan membedakan antara dokter muslim dan dokter yang kebetulan muslim.

2. Selamatkan Jiwanya

Tugas menyelamatkan jiwa manusia sudah tidak asing bagi seseorang yang berprofesi sebagai dokter. Menyelamatkan jiwa menjadi fokus satu-satunya di dunia kedokteran yang memisahkan antara agama dan kehidupan. Agama menjadi asing ketika ditempatkan di rumah sakit. Maka menjadi mubadzir ketika dokter-dokter hanya berlandaskan asas kemanusiaan semata ketika mengobati pasiennya. Padahal antara pasien dan aqidah tidak bisa dipisahkan. Olehkarena itu menyelamatkan jiwa pasien harus pula menyelamatkan aqidahnya. Bahkan saat pasien dalam kondisi fase terminal, sikap seorang dokter harus mencerminkan sikap yang tidak lepas dari aturan syariah. Selamatkan dunia akhiratnya menjadi tugas ketiga ketika menghadapi pasien dalam kondisi demikian. Antarkan pasien menuju khusnul khatimah. Meninggal tanpa menanggalkan aqidahnya.

Tugas utama inilah sebenarnya dari seorang dokter muslim. Seseorang yang memiliki penghasilan pas-pasan dan hidup dalam keterbatasan, menjadi peluang untuk menaggalkan agamanya demi memperoleh kesehatan gratis. Meskipun tidak semua orang miskin demikian.

Bersambung ke
Fokus Perjuangan Dakwah Profesi (Insya Allah)

Referensi :
Dr. dr. Rofiq Anwar, Sp. PA. 2009. Dakwah Islam. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang

Hanya ingin berbagi agar bisa lebih bermanfaat daripada disimpan di kantong sendiri. Tulisan ini hanya usulan BAB Dakwah Profesi yang diamanahkan oleh Dept. P dan K kepada saya. Belum resmi diterima atau tidak.

Categories: BAI - FULDFK
  1. March 15, 2011 at 4:02 pm

    siippp MANTAB,….. ana share opininya. jazakallah khoir.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: