Home > Leaflet > Mewaspadai Skabies

Mewaspadai Skabies

Apa itu Skabies ?

Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh Sarcoptes Scabiei yang menyebabkan iritasi kulit. Orang jawa menyebutnya gudig. Parasit (kutu)  ini menggali terowongan di dalam lapisan kulit sehingga menimbulkan gata-gatal dan merusak kulit.

Skabies umumnya terjadi pada sela-sela jari tangan, pergelangan tangan, siku bagian dalam, lipat ketiak, perut bagian bawah, pantat, paha bagian dalam, pinggang, payudara, dan kemaluan.

Apa Gejalanya?

Gejala gatal-gatal biasanya terjadi pada malam hari. Penyakit  ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan.

Bagaimana Mencegahnya?

Kebersihan merupakan factor yang sangat berpengaruh bagi yang menderita scabies. Satu-satunya cara untuk membasmi scabies yaitu hidup bersih.

Hidup bersih termasuk di dalamnya yaitu rutin mandi dengan sabun, ganti pakaian, menjemur alat-alat tidur, membersihkan secara rutin perlengkapan tidur, termasuk di dalamnya yaitu kasur, sprei, bantal, dan tempat  tidur.

Kondisi rumah dan kamar harus selalu dibersihkan. Kamar harus terkena sinar matahari dan tidak boleh lembab.

Tindakan yang sangat penting untuk pengobatan penyakit scabies ini adalah memutus rantai penularan. Sehingga pengobatan penyakit scabies secara massal dapat dilakukan dan dapat membasmi secara cepat dan tuntas.

Maka kerjasama antara masyarakat dan petugas kesehatan harus berjalan. Jika dalam keluarga ada yang menderita gatal-gatal, maka secepatnya untuk melakukan pengobatan. Jika yang gatal-gatal lebih dari 1 orang, maka semua harus berobat agar penularan atau kejadian saling tular tidak terjadi. Termasuk mencegah yang belum terkena agar tidak terkena.

Penyakit ini menyerang secara  kelompok. Misalnya dalam sebuah keluarga,  biasanya seluruh anggota keluarga  dapat  terkena infeksi. Begitu pula dalam  sebuah perkampungan yang padat penduduknya,

Termasuk di dalamny asrama dan pesantren. Penyakit ini sering melanda karena kurangnya menjaga kebersihan pakain, kamar, tempat tidur, dan lain sebagainya.

“Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan.”

(HR. Imam Tirmizi)

(dr. Yanuar Ariefudin, Leaflet Puskesmas Karanganyar Kab. Pekalongan)

– Bagi yang ingin leafletnya (tapi print sendiri ya) klik di sini

Categories: Leaflet
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: