Home > Doctor4Khilafah > Yang Harus Diperhatikan Pemerintah Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Yang Harus Diperhatikan Pemerintah Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

doctor4khilafahSebuah usulan untuk Khalifah yang akan datang

Perhatian Pemerintah Untuk Masyarakat

Semakin kurangnya iman masyarakat akan keberadaan Allah dan hari akhir menjadikan mereka tidak mempedulikan kesehatan orang lain. Kapitalis telah membuat buta sebagian pengusaha makanan yang nakal demi mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa memperhatikan kesehatan konsumennya. Makanan dicampur pewarna kain karena dirasa pewarna makanan labih mahal harganya, dicampur juga dengan formalin agar tahan lama, minyak goreng dicampur dengan plastik agar makanan yang digoreng lebih renyah, semua bahan berbahaya dimasukkan demi mendapatkan keuntungan yang banyak. Makanan dengan modal yang lebih murah, lebih tahan lama, lebih renyah, lebih kenyal dan alasan-alasan lain yang justru sebenarnya mereka senderi ngeri dan enggan untuk makan makanan yang mereka produksi, namun mereka tak takut akan adzab yang akan Allah berikan atas perbuatan mereka.

Negera harus menjamin keberadaan makanan-makanan yang beredar di negerinya sebagai makanan yang halal dan sehat. Pemerintah harus dilandasi taqwa agar dalam menjalankan tugasnya tak mudah disuap dan dalam bekerja semata-mata karena ibadah kepada Allah. Allah telah memberikan amanah yang besar bagi para pejabat pemerintah untuk mengurusi urusan rakyatnya. Maka menjadi tanggungjawab yang besar bagi pemerintah untuk melayani masyarakat. Hal yang mendasari untuk menjadi pemerintah yang benar-benar dilandasi taqwa maka system pemerintahannya pun harus sesuai dengan system yang telah Allah tetapkan. Berharap kepada demokrasi akan menyelesaikan permasalahan secara tuntas dan menyeluruh tidak akan berhasil. Semua pemimpinnya pemberi harapan palsu, karena demokrasi sang pemberi harapan palsu. Hanya Khilafah yang bukan pemberi harapan palsu🙂

Perhatian Pemerintah Untuk SDM Dalam Negeri

Mengatasi permasalahan kesehatan dapat diatasi dengan mengoptimalkan pertumbuhan dan kemajuan seluruh sector pemerintahan. Baik ekonomi, pendidikan, transportasi, informasi dan komunikasi maupun industri. Mengatasi permasalahan kesehatan tidak dapat diatasi oleh sector kesehatan seorang diri, karena orang dapat sakit dan atau penyakit bertambah parah karena ada beberapa factor pencetusnya. Bisa karena penyediaan air bersih yang kurang, factor ekonomi masyarakat yang kurang sehingga tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi yang semestinya selain itu tempat tinggal yang tidak layak karena tidak mampu untuk membangun rumah yang sehat, factor pendidikan yang minim akan pola hidup sehat dan juga kepercayaan akan mitos-mitos terhadap menyikapi suatu penyakit yang malah memperparah penyakitnya, akses informasi yang juga sulit, akses menuju pelayanan kesehatan yang tidak mudah dan tentunya ketersediaan alat transportasi menuju pelayanan kesehatan yang minim, harga obat-obatan yang mahal karena pemerintah tidak peduli terhadap industry farmasi, kurang perhatiannya pemerintah untuk merintis teknologi industry bidang kedokteran sehingga tidak perlu lagi impor alat-alat kesehatan seperti CT Scan, Lasix, ESWL, dan lain sebagainya. Kesemuannya kalau mendapatkan porsi perhatian pemerintah yang cukup, maka permasalahan kesehatan akan tuntas (insya Allah).

Sumber daya manusia yang professional harus memperoleh porsi perhatian yang besar. Selain itu, dorongan untuk menemukan obat-obatan baru, mempelajari teknik pembuatan teknologi dalam bidang kedokteran, harus selalu dikedepankan. Mental konsumtif untuk membeli obat-obatan impor dan teknologi impor harus segera dikikis. Dan sebaliknya, mental untuk ekspor obat-obatan dan teknologi kedokteran harus dibangun.

Perhatian Pemerintah Untuk Dokter

Pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan para dokter, mengapa?

Para dokter punya risiko yang sangat tinggi untuk tertular penyakit karena setiap hari berinteraksi dengan pasien infeksius. Orang sakit di RS terbagi menjadi 2 bagian. Pasien dengan penyakit menular (infeksius) dan penyakit tidak menular (non infeksius). Pasien non infeksius contohnya pasien fraktur (patah tulang), hipertensi, vertigo dan lain sebagainya. Tidak jarang saat dokter menganamnesa (mewawancarai) pasien, atau saat sedang auskultasi (mendengarkan jantung, paru-paru, lambung) pasien, sang pasien batuk-batuk. Risiko untuk tertular batuk (khususnya: tbc) seorang pasien sangat tinggi. Olehkarenanya dokter sangat perlu asupan nutrisi yang optimal agar imunitas sang dokter tidak mudah drop. Asupan imunostimulan harus menjadi perhatian bagi pemerintah agar seorang dokter dapat menjalankan profesinya dengan baik. Maka menjadi hal yang dimaklumi kalau dokter butuh kesejahteraan untuk membeli makanan yang bergizi dan imunostimulan yang baik untuk dirinya dan anggota keluarganya agar tidak mudah sakit. Jas putih, kemeja, celana panjang, atau jilbab dan kerudung bagi muslimah, arloji, kaca mata, semuanya berpotensi membawa virus atau bakteri yang setiap hari dibawa pulang, sehingga anggota keluarganya di rumah juga butuh makanan yang bergizi dan imunostimulan yang baik untuk menjaga kesehatannya. Selain itu jas putih dan pakaian termasuk jilbab dan kerudung harus langsung dicuci saat sampai di rumah agar tidak menularkan penyakit. Hal ini bisa terwujud jika dokter sejahtera🙂

Categories: Doctor4Khilafah
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: