Home > Coass Story > Jadi Mahasiswa Kedokteran Itu…

Jadi Mahasiswa Kedokteran Itu…

mahasiswaMengenang masa-masa mahasiswa kedokteranšŸ™‚

Mahasiswa kedokteran itu harus menghabiskan waktu 6 tahun untuk menjadi dokter. Terdiri dari 3,5 tahun pendidikan dokter (S1) dan 2 tahun pendidikan profesi dokter (Gelar dr).

Semester-semester awal berangkat pagi pulang sore. Badan terasa pegal-pegal. Tapi masih bisa atur agenda buat jalan-jalanšŸ™‚ Kecuali klo besoknya mau praktikum. Praktikum anatomi harus gambar anatomi di buku gambar dan hafalin semua nama-namanya. Praktikun Histologi tidak jauh berbeda. Siap-siap begadang semalaman (Klo ga ketiduran) hehe… Praktikum yang lain juga sama, tapi tidak seekstrim anatomi. Parasitologi, Mikrobiologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik juga menggambar di buku gambar, tapi lebih simpel.

Praktikum Fisika, Fisiologi/Faal, Kimia, Biologi jarang menggambar. Hanya hafalin dan pahami saja materi yang akan dipraktikumkan besok. Meskipun begitu tetap tidak bisa hidup tenang haha.. Klo mau santai-santai harus ditunda nanti setelah praktikum.

anatomiTutorial masih bisa dibawa santai yang penting atur strategi dengan teman-teman. Nanti yang bikin Learnig Issue (LI) tinggal diatur dan dibagi secara merata. LI itu semacam permasalahan yang belum terjawab selama diskusi SGD (Small Group Discussion). Jadi awalnya kita diskusi tentang permasalahan yang diangkat. Misal sakit ginjal. Nah kita diminta untuk diskusi tentang ginjal. Lontaran-lontaran pertanyaan yang tidak bisa diselesaikan saat SGD dibuat LI dan dipresentasikan di waktu tutorial mendatang. Presentasi sesuai dengan “keahlian” masing-masing. Simple tapi kadang bahasan yang rumit semua menjadi khusyu’ dan hening hehe..

histologiSelain praktikum dan tutorial ada juga Skill Lab. Kegiatannya seputar skill. Belajar pemeriksaan jantung, paru-paru, abdomen, nyuntik, jahit, resusitasi, dan lain sebagainya. asyik sih, tapi klo ujian bikin hidup serasa sempit. Ujian ini seperti waktu pramuka ada station-sation yang berisi pertanyaan dan harus dilakukan bagaimana seharusnya seorang dokter berbuat. Ujian OSCE namanya. Misalnya begini : “Seorang laki-laki datang ke IGD dengan keluhan sesak nafas” Nah mahasiswa diminta untuk menyelesaikan problem itu. Di ruangan itu ada penguji dan orang yang dijadikan sebagai pasien perumpamaan. Ingat lho, pemecahan masalahnya hanya 8 menit! Setelah lewat 8 menit kita pindah ruangan dengan pertanyaan yang berbeda. Ujian ini cukup bikin senam jantung. Pasien yang pura-pura sakit itu juga kadang ga kooperatif. Ya mungkin karena pura-pura sakit jadi sulit memerankan sebagai orang sakit hehe..

Masih seputar OSCE. Setiap semester hanya terdiri dari beberapa modul. Misal modul cardiovascular, pernapasan dan pencernaan. Nah di semester ini ujiannya hanya sebatas 3 bahasan tadi. Jantung, paru-paru, liver, lambung, ginjal, limpa, usus dan daerah yang meliputinya. Berbeda dengan saat ujian kompre. Ujian kompre meliputi semuanya. Dari semester 1-semester 7, itu artinya keluhan pasien dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ga lulus harus bayar buat remedial. Klo ga lulus lagi bisa ngulang di semester berikutnya. Klo semester akhir masih ada yang belum lulus, ini bahaya. Wisuda bisa tertundašŸ˜¦

Bersambung…šŸ™‚

IGD RSIA Assalam
Bogor, 13 September 2013

Gambar-gambar saya:

buku gambar anatomi

buku gambar histologi

patologi klinik

mikrobiologi

parasitologi

patologi klinik

Categories: Coass Story
  1. May 25, 2016 at 4:43 pm

    Biasanya sih kalo sudah namanya dokter itu emang paling dicari dan diunnguulkan gan,, jadi selamat bagi yang jadi dokter dan biasanya juga akan terkenal. nah ngomong ngomong terkenal Sudah cukup dikenalkah anda di sosial media?

  1. September 20, 2013 at 2:34 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: