Home > Medical > Jus Jeruk Menurukan Aktivitas Prokoagulan

Jus Jeruk Menurukan Aktivitas Prokoagulan

OLYMPUS DIGITAL CAMERAKalbemed.Com – Beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa konsumsi flavonoid yang terdapat di dalam buah-buahan akan memberikan pengaruh yang positif terhadap faktor risiko penyakit kardiovaskuler. Dan studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk pada orang dewasa sehat akan menurunkan aktivitas prokoagulan, hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. Napoleone dan kolega seperti yang dipublikasikan dalam jurnal Thrombosis Research bulan Juli 2013 ini.

Dalam studi ini Dr. Napoleone dan koleg secara umum melakukan penelitian untuk mengetahui efek dari konsumsi jus jeruk (OJ – orange juice) terhadap aktivitas prokoagulan dari komponen darah secara keseluruhan. Studi yang melibatkan sebanyak 17 sukarelawan sehat ini 31±1.5 tahun, yang selanjutnya dengan disain cross-over, guna mendapatkan masing-masing jus jeruk merah ataupun blond/kunig pirang yang masing0masing banyak mengandung  anthocyanin. Setelah pengontrolan diet selama satu minggu masa run-in, subyek selanjutnya diacak secara alokasi untuk selanjutnya mendapatkan OJ selama 4 minggu, dan dengan masa wash-out selama 4 minggu. Darah vena dengan sitrat dikumpulkan pada awal dan akhir dari masa intervensi.  Whole blood diinkubasi dengan atau tanpa menggunakan stimulus inflamasi (tumor necrosis factor-alfa atau bacterial endotoxin LPS). Aktivitas prokoagulan dievaluasi dengan one-stage clotting assay. Tissue factor (TF) dan TF pathway inhibitor (TFPI) diukur dengan menggunakan ELISA.

Konsumsi dari masing-masing tipe OJ menyebabkan perpanjangan dari waktu pembekuan (clotting time) baik dari darah yang distimuli maupun yang tidak distimuli, dan tidak perbedaan diantara 2 intervensi. Konsumsi OJ tidak mempengaruhi kadar TF. Sebaliknya terdeteksi peningkatan antigen TPFI darah dari kedua intervensi.

Dari studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi jus jeruk (OJ) pada sukarelawan sehat akan menurunkan aktivitas prokoagulan, yang diperkirakan melalui mekanisme efek dari anthocyanin.

Referensi:
Napoleone E, Cutrone A, Zurlo F, Di Castelnuovo A, D’Imperio M, Giordano L, De Curtis A, Iacoviello L, Rotilio D, Cerletti C, de Gaetano G, Donati M, Lorenzet R. Both red and blond orange juice intake decreases the procoagulant activity of whole blood in healthy volunteers; Thrombosis Research (Jul 2013)

Sumber : http://www.kalbemed.com/News/tabid/229/id/8938/Jus-Jeruk-Menurukan-Aktivitas-Prokoagulan.aspx

Categories: Medical
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: