Home > Uncategorized > Dokter Ashabiyah?

Dokter Ashabiyah?

stop-kriminalisasi-dokterMenyamakan aksi solidaritas untuk menuntut kejelasan hukum kedokteran terkait penatalaksanaan kedokteran kok malah dianggap ashabiyyah?

Aksi solidaritas, turun ke jalan dan aksi-aksi yang lain sebenarnya ditujukan untuk kebaikan umat. Agar umat tidak dirugikan dengan ketidakjelasan hukum kedokteran, maka dilakukanlah dialog, pencerahan, dan menepis berita-berita menyesatkan. Kok ada yang menganggap ashabiyyah?

Mungkin karena yang mengangkat ke permukaan terkait ketidakjelasan hukum ini hanya dokter. Mengapa dokter saja? Ya karena mereka yang lebih tau lapangan. Lihatlah apakah ada profesi lain selain profesi medis yang ikut menyuarakan ketidakpastian hukum ini? Lalu mengapa dikatakan ashabiyyah?

Berita yang saya dengar FK UI sudah menarik dokter-dokter residen dari daerah terpencil (entah benar atau tidak berita ini), di Kepri dokter-dokter sudah pulang karena institusi tidak mau anak didiknya dikriminalisasi. Apa masyarakat peduli? Tidak. Mereka tidak mau tahu dan masih saja menghujat dokter meski sebenarnya dokter membela kepentingan mereka. Alih-alih meluruskan dan memberikan pencerahan, mereka rame-rame menuding dokter ashabiyah.

Ashabiyah adalah sifat yang diambil dari kata ‘ashabah. Dalam bahasa Arab, ‘ashabah berarti kerabat dari pihak bapak. Menurut Ibn Manzhur, ‘ashabiyyah adalah ajakan seseorang untuk membela keluarga, tidak peduli keluarganya zalim maupun tidak, dari siapapun yang menyerang mereka. Menurutnya, penggunaan kata ‘ashabiyyah dalam hadis identik dengan orang yang menolong kaumnya, sementara mereka zalim (Ibn Mandzur, Lisan al-‘Arab, Dar al-Fikr, t.t.I/606)

Rindu bergaul dengan orang-orang berilmu, tawadhu, kritis, terbuka dan sabar..🙂

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: