Home > Notes > Hukum Perayaan Maulid Nabi

Hukum Perayaan Maulid Nabi

Para ulama berselisih mengenai hukum menyelenggarakan maulid nabi shalallahu alaihi wassalam. Imam Ibnu Hajar al Asqalani, Imam as Suyuthi, Imam Nashiruddin ad Dimasyqi, Imam Ibnu al Jazary berpendapat bahwasanya hukum menyelenggarakan maulid nabi shalallahu alaihi wassalam adalah boleh, dengan syarat terbebas dari kemaksiatan atau aktivitas haram lainnya.

Al Hafidz Ibnu Hajar al Asqalani berkata, “Asal aktifitas maulid adalah bid’ah yang tidak dinukil dari seorang pun salafus shalih dari kurun ketiga. Akan tetapi, aktifitas maulid nabi mengandung perkara-perakara yang baik dan juga kebalikannya…” (Al Hafidz as Suyuthi, al Haawi lil Fatawa, Juz I/188)

Adapun ulama yang tidak sependapat, menilai bahwa perayaan maulid nabi termasuk bid’ah yang sesat.

Ibnu Taimiyah berkata, “Apa yang dibuat-buat oleh sebagian orang dengan menjadikan maulid nabi sebagai hari raya, baik untuk menyamai orang nasrani dalam merayakan kelahiran Isa alaihissalam, atau untuk mencintai nabi dan mengagungkannya adalah bid’ah. Sebab hal ini tidak pernah dilakukan oleh generasi salaf, walaupun mereka sanggup melaksanakannya dan tidak ada halangan. Seandainya maulid adalah kebaikan dan kuat (dalilnya), niscaya generasi salaf lebih berhak melaksanakannya daripada kita. Sebab mereka adalah orang yang lebih kuat mencintai Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dibandingkan kita…” (Ibnu Taimiyah, Iqtidla as Shirath al Mustaqim, hal.254-295)

Mari belajar lagi. Jangan asal berpendapat.

Categories: Notes
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: